Rabu, 22 Agustus 2012

Strategi Bisnis Warnet


Bagi anda yang menjalankan bisnis warnet ataupun akan menjalankan bisnis ini tentunya membutuhkan strategi yang tepat. Strategi Bisnis warnet ini dibutuhkan karena semakin tingginya persaingan di bisnis ini dan juga bagi yang pemula agar bisa menjaring pengunjung menjadi pelanggan warnet anda.
Strategi sederhana ini di bagi atas dasar 3 pemikiran bertahap yang bisa disesuaikan dengan situasi yang berjalan ataupun perubahan kondisi persaingan (asumsi warnet buka 24 jam).
1. Warnet baru - New comer
Perhitungkan jumlah pesaing anda dalam radius 500 m, rata-rata biaya rental/jam, fasilitas yang mereka miliki dan tingkat kecepatan koneksi internet mereka. lakukan strategi berikut ini :
2 minggu awal berlakukan tarif promo setengah harga dari harga umum
sebarkan brosur promo dalam radius 1 km
proteksi rental anda dengan antivirus, deep freeze dan install block
service air mineral gratis khusus rental diatas 2 jam
bersikap sopan, ramah dan akrab dengan pengunjung baru
siapkan recehan (warnet baru biasanya belum terbiasa)
siapkan selalu musik pengiring (mp3 dari server)
2. Warnet - Ready to compete
Persiapkan fasilitas tambahan, stock spare part dan amati strategi pesaing
berlakukan tarif terendah/samakan tarif dengan pesaing anda
berlakukan tarif paket (misal 1 jam/Rp.3000, 2/Rp.5000, 3/Rp.7000)
berlakukan tarif happy hour diatas jam 11 malam (misal Rp.2000/jam)
selalu tersedia soft drink, makanan ringan ataupun rokok
check rutin tiap pagi all PC (langsung atau via server)
pasang papan aturan warnet di tiap counter PC
selalu siapkan 1 unit PC/monitor untuk stock darurat bila ada yang rusak
survey 2 minggu sekali ke rental pesaing (via mata-mata)
lakukan perubahan service dan menjaganya sesuai situasi
3. Warnet - Ready to chalenge
Situasi ini bila warnet anda dalam posisi di tekan persaingan ketat dan jumlah pesaing yang terus bertambah, ditambah nilai harga yang fluktuatif.
ukur nilai aset yang anda miliki saat ini (PC, tempat, fasilitas)
maintenance/perawatan berkala PC dan ruangan rental
berlakukan semua point kedua diatas (warnet - ready to compete)
buat sistem member bagi pelanggan reguler (berlaku diskon/free hour)
tiap 3-6 bulan sekali lakukan perubahan setting ruangan (cat/dekor)
periodik tertentu (misal 6 bulan) upgrade PC anda (webcam, monitor LCD dll)
amati kenyamanan pengunjung (jenis musik pengiring, AC dll)
Selain strategi diatas mungkin ada faktor-faktor lain yang bisa menjadi penghambat, misalnya :
sabotase pesaing dengan diam-diam memasukan virus lewat pc client
sabotase teror pesaing lewat pengunjung palsu
preman ataupun oknum polisi yang cari duit jatah
pengunjung gratisan (kenalan anda/kenalan operator)
Satu catatan penting dari saya bagi yang akan berbisnis warnet, ingat aset paling potensial adalah lokasi warnet harus strategis karena itulah faktor utama anda bisa bertahan.
Demikianlah sekilas strategi bisnis warnet yang coba saya gambarkan, semoga bermanfaat bagi anda yang memerlukannya.maaf kalau ada penulisan kata




































0 komentar: